Menata Hati, Mengukir Nasib.


ads
Metafisika Modern

Meditasi NAQS

Mengapa saya harus meditasi ?

Kata meditasi berarti terus menerus memberikan perhatian atau menghentikan pemikiran pada satu pokok pikiran. Master berkata (dan telah dibuktikan dalam pengalaman) bahwa kita menjadi apa yang kita pikirkan pada saat meditasi. Dengan kata lain kita memperoleh sifat dasar, kwalitas atau keadaan atas obyek yang kita meditasikan.

Oleh karena itu ketika kita meditasi pada sesuatu yang Maha Ghaib yaitu Tuhan, kita akan menghilangkan kekotoran kita dan mendapatkan kehalusanNYA dan kemudian menjadi seperti DIA. Hanya dengan demikian kita dapat menjadi satu dengan DIA, sehingga tujuan tertinggi dalam kehidupan, jadi memungkinkan untuk dicapai.. Dan ini hanya bisa didapat melalui praktek terus menerus meditasi setiap hari dengan ketaatan yang tulus ikhlas.

Pada prinsipnya metode meditasi NAQS adalah sebuah metode meditasi Islami yang intinya adalah berdzikir mengagungkan Asma Allah SWT. Tidak hanya ketika setelah selesai sholat. Tapi juga di setiap denyut jantung kita selama 24 jam kita isi dengan dzikir. Tanpa adanya suatu latihan yang intensif, teratur, dan istiqomah tidaklah mungkin kita bisa melakukan dzikir yang terus menerus atau berkekalan dengan Dzikrullah dan mencapai Rasa Hadlir di saat berdzikir.

Meditasi yang dikembangkan dalam Ilmu NAQS ada kemiripan dengan metode meditasi yang dikenal orang pada umumnya. Hanya saja meditasi NAQS tidak mengharuskan para praktisi untuk melakukan suatu sikap tubuh tertentu. Meditasi NAQS bisa dilakukan sambil duduk bersila di atas lantai, atau duduk bersandar di kursi, sambil tiduran, dll.

Ada 2 metode utama dalam Meditasi NAQS :
  1. MEDITASI DIAM
  2. MEDITASI GERAK

MEDITASI DIAM

Meditasi diam artinya meditasi dilakukan dengan posisi tubuh diam. Metodenya adalah seperti yang diterima di saat anda menerima aktivasi dan attunement.

Anda dapat melakukan meditasi diam ini dengan posisi tubuh yang dirasa pas dan nyaman buat anda. Yang terpenting adalah anda dapat merileksasikan seluruh tubuh dan fikiran anda sehingga bisa mencapai keheningan yang cukup dalam. Dan ingatlah bahwa konsentrasi yang di gunakan di dalam meditasi adalah menggunakan konsentrasi rasa. Jadi jangan terlalu keras dalam menggunakan fikiran. Bila kepala anda terasa pening, itu pertanda anda telah salah dalam berkonsentrasi.

A. MEDITASI TAFAKKUR
Lakukan meditasi ini di malam hari, minimal 5 menit. semakin lama semakin baik. Sebaiknya Tafakkur ini dilatih secara rutin setiap malam.

Bagaimana saya menyiapkan diri untuk meditasi harian saya ?

Cara menyiapkan diri untuk meditasi di malam/pagi hari diberikan seperti di bawah ini :
  1. Bangun sebelum matahari terbit.
  2. Sikat gigi dan cuci muka.
  3. Mandi suci (disarankan bahwa kamu mulai meditasi sepagi mungkin tanpa menghabiskan waktu pada aktivitas-aktivitas rutin seperti minum teh, baca koran, olahraga dan sebagainya).
  4. Pakai pakaian yang longgar dan enak dipakai.
  5. Tentukan satu waktu dan tempat khusus untuk meditasi setiap hari.
  6. Beritahu anggota keluarga yang lain untuk tidak mengganggumu selama meditasi.
  7. Mulailah dengan meditasi selama 30 menit. Tambah waktunya setelah kamu merasa cocok dan lakukan itu menjadi satu jam. Kalau kamu membuka mata sebelum waktunya, kamu dapat menutup matamu lagi dan meneruskan meditasi.
  8. Duduk yang enak, santai tetapi punggung dan kepala tetap tegak. Kamu bisa duduk di lantai, di bangku, dengan punggung (bukan kepala) bersandar pada tembok. Kalau kepalamu tertunduk setelah kamu mulai meditasi (disebabkan karena kehilangan kesadaran), kamu tidak perlu khawatir tentang itu. Tiduran tidak diijinkan karena terlalu mengasyikkan sehingga dapat membuat kamu tidur.
  9. Harap dimengerti bahwa meditasi atas Tuhan yang ada di dalam hatimu adalah pemujaan oleh karenanya mulai dengan doa dalam batin untuk meninggikan spiritual dengan hati penuh cinta dan pengabdian.
Pada umumnya di menit-menit pertama tafakkur, anda belum bisa mencapai keheningan yang cukup dalam. Banyak lintasan-lintasan hati dan fikiran yang mengganggu konsentrasi anda. Terutama mengenai masalah sehari-hari dan masalah-masalah yang sangat mengganggu kehidupan anda. Serta memory-memory masa lalu yang terpendam akan muncul semua. Hal itu adalah wajar, jangan risaukan hal itu. Lanjutkan saja meditasi anda. Sehingga semua gangguan itu hilang dan anda dapat memasuki keheningan dan ketenangan yang cukup dalam. Berdiamlah dalam keheningan itu sampai anda merasa cukup untuk mengakhiri meditasi anda.

Dan disinilah rahasia dari meditasi anda yang dapat memecahkan segala masalah yang menimpa anda.

Yaitu di saat ingatan akan semua masalah dan kenangan itu muncul ke permukaan kesadaran anda di alam meditasi. Biarkan saja itu semua muncul, karena gelombang fikiran dan masalah yang mengganggu anda itu nantinya akan di perbaiki dan di sucikan oleh energy Nur Sirrullah. Sehingga aura gelap yang selama ini menyelimuti diri anda akan tersucikan. Sehingga hati dan fikiran anda yang selama ini terasa buntu dan suntuk akan menjadi jernih dan tenang. Dan anda akan merasakan kesegaran yang luar biasa ketika selesai bermeditasi.

Apa yang harus saya lakukan jika pikiran-pikiran saya mengganggu selama meditasi ?

Kamu harus menganggapnya seperti pikiran tersebut adalah pikiran orang lain. Jadi ciptakan jarak antara dirimu dengan pikiran yang muncul. Master menasehati kita untuk memperlakukannya sebagai tamu yang tidak diundang – mereka akan pergi kalau kamu tidak memberikan perhatian pada pikiran tersebut. Kalau kamu mendapatkan dirimu terlalu terlibat dengan pikiran tersebut, kamu disarankan untuk perlahan-lahan melepaskan pikiran tersebut dan membawanya kembali ke suasana awal (UCAPKAN DOA : ILAHI ANTA MAQSUDI WARIDLOKA MATHLUBI).

Bagaimanapun ini hanyalah persoalan yang sementara. Dengan meditasi setiap hari secara teratur dan sitting secara periodik dengan Preceptor, kamu akan menemukan bahwa pikiran tersebut kehilangan bebannya dan berhenti untuk mengganggu perasaan yang menginginkan ketenangan dan kesentosaan di dalam hatimu.

Setelah anda mahir melakukan meditasi ini, anda akan memasuki babak baru dari meditasi meditasi tafakkur. Yaitu tumbuhnya pohon kebijaksanaan atau hikmah. Dan tahap selanjutnya adalah anda akan dapat berkomunikasi dengan kesadaran sejati yang ada di dalam diri anda. Untuk tahapan ini akan di kupas di lain waktu.

B. UZLAH SEMENIT
Di tengah-tengah kesibukan kerja atau aktifitas anda, luangkanlah waktu semenit dua menit untuk meninggalkan orbit duniawi anda dan memasuki orbit spiritual anda. Lakukan meditasi diam sejenak, dengan posisi tubuh yang dirasa pas dan nyaman untuk anda.

MEDITASI GERAK

(PANCER RAHSA)

Di dalam Meditasi ini tingkat konsentrasi yang digunakan tidak sama dengan meditasi diam. Anda hanya cukup mengamati dengan kesadaran anda akan rasa getaran yang muncul di titik energy lathaif Qolby anda. Sambil melakukan aktifitas anda sehari-hari.

ARTIKEL DARI SUMBER LAIN :

MERASAKAN MANFAAT MEDITASI

Masalah utama dalam perkembangan spiritual manusia jaman modern sekarang ini adalah bahwa banyak orang yang tidak mempunyai waktu untuk berdiam diri, hening dalam doa. Mereka begitu sibuk dengan berbagai acara, baik yang bersifat rekreatif maupun bisnis.

Banyak orang merasa bahwa waktu tujuh hari dalam seminggu selalu tidak cukup untuk tugas mereka. Bahkan seringkali waktu sehari dalam dua puluh empat jam pun dirasa masih kurang. Maka sering kali mereka tidak mempunyai waktu untuk keluarga, untuk diri sendiri dan apa lagi untuk Tuhan.

Pulang kerja sudah malam, lagi pula lelahnya badan membuat tidak mungkin duduk berdiam dengan tenang. Langsung tidur itulah solusi yang paling banyak dilakukan. Menurut para ahli spiritualitas, hidup tanpa refleksi itu menjadi kosong dan kering. Karena kedalaman hidup rohani sangat dipengaruhi oleh kemampuan seseorang untuk memperdalam kepekaan dan kesadaran akan kehadiran Tuhan dalam hidup dan rahmat yang diterima sehari-hari.

Dan semua ini dimungkinkan bila seseorang mempunyai waktu untuk refleksi diri dalam hening dan tenang bersama Tuhan dalam doa. Meditasi adalah salah satu 'cara' di mana seseorang mampu menciptakan keheningan itu dan ketenangan bersama Tuhan.

Bila setiap orang beriman mempunyai kesempatan seperti ini, maka akan semakin jarang kita temui diantara kita, orang yang merasa tahu banyak ajaran agamanya, tetapi menjadi fanatik buta. Atau orang-orang yang 'cuek' dan tidak merasa perlu berdoa dan pergi ke beribadah, karena toh.. Tuhan bisa ditemukan dimana-mana. Atau orang yang berpendapat keselamatan toh tidak ditentukan oleh aktifnya seseorang berdoa atau pergi ke beribadah.

Menurut paham "Raja Yoga' atau lebih dikenal dengan sebutan "Patanjali Yogasustras", meditasi atau Dhyana adalah suatu kesadaran terus menerus akan kehadiran Tuhan dalam hidup. Meditasi adalah ' an unbroken flow of thoughts towards the object of concentration'.

Dalam meditasi ini kita ingin masuk dalam pengalaman akan Allah, bersatu dan menyatu dalam kehadiranNya, bukan hanya sekedar memikirkan dan merasakan Allah. Berdasarkan pemahaman ini menurut Swamy Devaprasad ada bebeapa manfaat meditasi yang sangat membantu manusia untuk menemukan kedamaian, kebahagiaan dan keharmonisan hidup sejati.

Manfaat dari meditas itu adalah:

1. Meditasi membantu mengeluarkan dari hidup manusia penyakit mental, psikosomatik. Meditasi ini juga memurnikan pikiran, mengendalikan bicara dan menuntun tindakan.

2. Meditasi mampu menguatkan budi, hati, pikiran dan badan, dan ini merupakan usaha preventif melawan berbagai macam penyakit.

3. Meditasi membantu menghilangkan atau meredakan segala ketegangan dan mampu membuat seseorang merasa santai dan tenang.

4. Karena keheningan sejati dan kedamaian hati yang dialami, meditasi membantu perkembangan hubungan interpersonal, baik dengan sesama maupun dengan Tuhan.

Bila kita mempunyai waktu secara teratur, setiap hari dari hanya lima menit hingga setengah jam, alangkah besar manfaat dari meditasi ini. Ketenangan hidup dan kedamaian yang dirindukan setiap orang tidak perlu dicari dimana-mana, tetapi ditemukan dalam meditasi ini. Tidak percaya, cobalah sendiri dan anda akan mengalaminya.
ads
Labels: Ilmu NAQS

Thanks for reading Meditasi NAQS. Please share...!

0 Comment for "Meditasi NAQS"

Back To Top